News Update :

About FLP (Forum Lingkar Pena)

Sunday, February 19, 20120 comments

Postingan pertama ini saya ingin mengulas kepada anda semua mengenai FLP, sebelumnya apakah anda tahu apa itu FLP ? nah FLP itu adalah singkatan dari Forum Lingkar Pena , dari namanya saja kita sudah bisa mendapat gambaran mengenai FLP ini bahwa ini adalah suatu organisasi yang berhubungan dengan dunia tulis dan membaca.


Mengenai sejarahnya, Forum Lingkar Pena (FLP) muncul pada tahun 1997. Dalam waktu relatif singkat, organisasi dengan cabang di hampir 30 provinsi dan luar negeri memiliki sekitar 5000 anggota yang sebagian besar dari mereka adalah perempuan.

Selama enam tahun sejak didirikan, organisasi ini memiliki penulis yang telah menerbitkan lebih dari 200 buku yang sebagian besar adalah karya sastra serius, fiksi remaja dan cerita anak. Baik orang maupun institusi pernah didukung sponsor untuk FLP. Kemandirian ini memungkinkan FLP menulis dengan hati nurani nya. Tempo surat kabar, salah satu Medias memerintah di Indonesia, yang disebut FLP sebagai 'Produsen Penulis Cerita'!

Buktinya saja Novel Ayat-Ayat Cinta yang ditulis oleh Habibburahman El Shirazy anggota dari FLP telah menjadi catatan buku best seller di Asia Tenggara.

FLP adalah organisasi inklusif. Keanggotaannya terbuka untuk semua orang tanpa memandang etnis atau agama. Anggota mayoritas A dari FLP sebenarnya muslim, namun pemahaman Islam mereka beragam. Ada beberapa non-Muslim bergabung dengan FLP. Namun demikian, anggota FLP berbagi niat yang sama: untuk berbagi cahaya dengan pembaca mereka dan mempertimbangkan bahwa kegiatan menulis adalah bagian dari ibadah.

Ada penulis muda dan calon penulis kemudian menjadi FLP administrator. Walaupun tidak ada administrator namun di beberapa daerah setempat, selalu ada koresponden FLP. Jaringan administrasi FLP, dalam bentuk cabang dan korespondensi, tersebar luas di seluruh Indonesia 29 poin dan 13 poin di luar negeri.

Anggota FLP termuda saat ini berusia 7 tahun dan tertua adalah 65 tahun, meskipun mayoritas dari mereka adalah 15-25 tahun.

Dalam lima tahun terakhir, berbagai penghargaan berhasil diraih oleh anggota FLP, termasuk penghargaan terkemuka seperti Adikarya IKAPI, Khatulistiwa Award, sementara beberapa bahkan dipilih untuk menjadi anggota Penghargaan Mastera (Tenggara Sastra Dewan) program.

FLP Rencana Strategis 2009 - 2013

Sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi dalam organisasi (pasal 12 Statuta FLP), Pertemuan Nasional II FLP 2009 memutuskan untuk mematuhi mantan Visi dan Misi, yaitu:

VISI FLP 
Organisasi yang berusaha untuk mencerahkan pembaca melalui tulisan

MISI FLP 

a. Meningkatkan kualitas kerja dan produktivitas anggotanya sebagai kontribusi penting bagi masyarakat.
b. Membangun jaringan penulis yang menghasilkan karya berkualitas tinggi dan mendidik.
c. Meningkatkan budaya membaca dan menulis dalam masyarakat
d. Advokasi untuk kehidupan yang lebih baik bagi para penulis.

Dengan demikian, Pusat Administrasi Badan (Badan Pengurus Pusat) menerjemahkan visi dan misi FLP ke dalam struktur organisasi, rencana strategis dan program.

Tujuan FLP

1. Menjadi penulis organisasi kelas nasional dengan identitas Islam berasal dari bahasa Indonesia sosio-budaya.
2. Menjadi sebuah organisasi dengan manajemen yang baik, mampu mandiri dan memberikan manfaat yang optimal bagi organisasi itu sendiri dan anggotanya.

Tujuan dari FLP

1. Tujuan didirikan untuk menjadi penulis organisasi kelas nasional dengan identitas Islam berasal dari budaya sosial-Bahasa Indonesia:

a. Formula membentuk sastra usaha misionaris Islam berdasarkan indonesian sosial-budaya
b. Mencapai jaringan kerjasama nasional dengan komunitas penulis, penerbit, kritikus dan aktivis sastra.
c. Peran FLP Meningkatkan dalam masalah sastra pemecahan, mendidik dan pencerahan umat manusia berdasarkan indonesian sosial-budaya.
d. Mencapai peran FLP dalam literatur dan kegiatan penelitian budaya, usaha Islam dan misionaris Penelitian yang berdasarkan indonesian sosial-budaya
e. Mencapai leveling keanggotaan tengah selama dua puluh lima persen dari anggota FLP.

2. Tujuan untuk menjadi sebuah organisasi dengan manajemen yang baik, mampu mandiri dan memberikan manfaat yang optimal bagi organisasi itu sendiri dan anggotanya:

a. Selesai forum akta notaris atau profesi organisasi, selesai paten logo FLP tepat
b. Menyelesaikan prosedur sistem operasional organisasi
c. Diproduksi laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi untuk organisasi otonom.
d. Mencapai beberapa bisnis percontohan yang dikelola oleh BPP FLP
e. Mencapai perbaikan berkelanjutan kapasitas kerjasama dan pengembangan bisnis dengan pihak eksternal.

Nah itulah secara singkat mengenai FLP yang begitu luar biasa kontribusinya dalam dunia tulis baca, semoga FLP ini bisa tetap istiqomah dalam menjalankan visi misi dan selalu berusaha untuk meningkatkannya.

Referensi : http://forumlingkarpena.net/profil/

Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Silahkan Budayakan Berkomentar Setelah Membaca Artikel Dengan Baik dan Sopan.

Ttd : Berry Hardisakha

 
© Copyright 2010-2011 Tulis Baca All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | and Theme4all | Support Tutorial Blog-Software Akuntansi.