News Update :

Penulis FLP Yanuardi Syukur

Sunday, February 19, 20120 comments

Berikut adalah profil Penulis FLP Yanuardi Syukur yang Lahir di Tobelo (Halmahera Utara), 13 Januari 1982. Setamat dari SDN 1 Tobelo Halmahera Utara, Maluku Utara (1987-1993), melanjutkan ke Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta (1996-1999). Pendidikan S1 diselesaikan pada Jurusan Antropologi FISIP UNHAS Makassar (1999-2007) dengan tesis tentang ”Paradigma Gerakan KAMMI Dalam Membangun Citra Kampus Sosio-Religius.” Sedangkan S2-nya diselesaikan pada Kekhususan Politik & Hubungan Internasional di Timur Tengah PSTTI UI Jakarta (2008-2010) dengan pedikat Cumlaude. Tesisnya tentang ”Penyebaran Pengaruh Al-Qaeda Terhadap Gerakan Teroris di Indonesia.”


Pernah aktif di Forum Lingkar Pena Sulawesi Selatan, Maluku Utara dan Divisi Fundraising FLP Pusat. Selain itu, tergabung dalam Majelis Sastra Asia Tenggara (MASTERA) dan Rabithah al-Adab al-Islami al-‘Alamiyyah (Liga Sastrawan Muslim se-Dunia) Indonesia yang berkantor pusat di Riyadh. Beberapa organisasi kepenulisan ini begitu membantu bagi semangatnya untuk belajar menulis. Hasil dari belajar pada banya orang adalah dengan sedikit keberaniannya untuk menulis buku. Buku pribadi yang pernah ditulisnya adalah buku Menemani Bidadari Suara Hati Seorang Mahasiswa (DIP Jakarta, 2006), Facebook Sebelah  Surga Sebelah Neraka (Diva Press Jogja, 2009), dan The Miracle of Sabar (Kataelha Jakarta, 2010). Tulisannya juga terdapat dalam beberapa antologi seperti: Antologi Puisi 101 Penulis Makassar (FLP Sulsel, 2005), Antologi Esai Suka Duka Penulis Pemula (FLP Sulsel, 2006), Antologi Esai FLP, Meremas Sampah Menjadi Emas (Indiva, Solo, 2008), Antologi Jejak Para Kaul II (Bisnis 2030, Jakarta, 2009) dan sebuah buku persembahan dari santri dan alumni Darunnajah kepada KH. Mahrus Amin (2010).

Saat ini sementara menyelesaikan beberapa buku. Mengajar di Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi Negara Universitas Halmahera (Uniera), Maluku Utara dan Pondok Pendidikan Muhammadiyah Tobelo, Maluku Utara. Ia menyenangi silaturrahim dan sharing tentang berbagai hal. Email: yanuardisyukur@gmail.com.

Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Silahkan Budayakan Berkomentar Setelah Membaca Artikel Dengan Baik dan Sopan.

Ttd : Berry Hardisakha

 
© Copyright 2010-2011 Tulis Baca All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | and Theme4all | Support Tutorial Blog-Software Akuntansi.