News Update :

Penulis FLP Akhi Dirman Al-Amin

Sunday, February 19, 20120 comments

Berikut ini adalah Profil Penulis FLP Akhi Dirman Al-Amin yang Lahir di desa Rato Dorowila Kabupaten Bima - NTB pada tanggal 3 Oktober 1982, dari pasangan M.Amin Bakar dengan Siti Salmah.

Mulai menulis sejak SD, namun mempublikasikan naskahnya baru pada saat menduduki bangku SMA. Beberapa kali diundang dalam acara budaya terutama untuk membacakan puisi – puisinya, mementaskan drama/teater, juga untuk menjadi pembicara dan juri lomba. Tahun 2006, bersama bersama 14 novelis muda se-Asia Tenggara bergabung dalam Mastera (Majelis sastra Asia Tenggara : Novel) sebagai wakil Indonesia.

Beberapa kali mendapat penghargaan dalam lomba kepenulisan tingkat nasional, diantaranya Juara 3 dua tahun berturut – turut lomba essay Helvy Tiana Rosa untuk naskah Helvy Itu Cinta dan Helvy Bicara Cinta, Perang dan Kemanusiaan (2008 dan 2009), nominasi AKU BISA 2009 untuk naskah Kupanggil Saja Dia Cinta (2009), The Best Inspiration writer (juara 1) WSC AKU BISA! International Publick Figure untuk naskah Helvy Tiana Rosa (2010), Juara 3 Lomba menulis fiksi mini Multiply (2010), Antologi Problem Solving FLP (2008, dibukukan oleh INDIVA Press).

Selain di bidang kepenulisan, Atas dedikasinya dalam pembuatan film indie dan kepenulisan, tahun 2007 meraih penghargaan berupa Beasiswa Unggulan dari Biro perencanaan dan kerja sama luar negeri Depdiknas Pusat, film Biarkan Sepi Menari sbg salah satu film pendek yg dinominasikan sebagai film favorit (sekalipun tidak menang. Hehehehe) di kontes film pendek NU Green Tea, menjadi salah satu peserta utusan NTB di Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan BPAP (Bakti Pemuda antar Propinsi) ke Aceh (2008).

Karya-karyanya tersebar di berbagai media massa Nasional dan Lokal Seperti; Majalah sastra Horison, Annida, Sabilli , Al – Izzah, Deep Smile File dan hampir di semua media lokal di NTB.

Menulis beberapa lakon Theater yang dipentaskan bersama Theater Al-Amin (Remaja Masjid Al-Amin), Sanggar Pasapu Monca, dan Sanggar SMAN 1 Madapangga, antara lain; “Aceh itu, Sunyi itu, Luka itu”(2001), “Dongeng Kelabu Tentang Ayah”(2002), “Topeng Kaca”(2003), “Balada Lima Orang Muda” (2003), “Meniti Jejak Rasulullah” (2003), ”Taubat” (2003), “Jejak-jejak Darah” (2003), “Tak Ada Cinta Untuknya di Dunia” (2003), “Manusia Batu Yang Mencari Bening Cahaya” (2004), “Wadu Ntada Rahi (Drama Kolosal Bima)” (2004), “Menggapai Hidayah” (2004), “Dukaku, Dukamu, Duka Indonesia (Do’a Buat Aceh dan Sumut)” (2005), “Kami Rindu Baginda Rasul (2005) dan Surat Cinta Buat Pohon – Pohon Meranggas (2006), Renungan Kermatian (2007), Ngena Ura (2007), Cermin (2007), Dalam Cinta, Ijinkan Kami Mengenangmu (2007), Safi’i dan Fatimah (2008). Sebagian besar disutradainya sendiri, sekaligus turut bermain.

35 Bukunya telah terbit. Negeri Air Mata (kumcer, Mahani Persada, 2005) menjadi buku terbaik dan dijadikan sebagai buku bacaan wajib pelajar di NTB, SEbab Cinta Tak Harus Berkata (Genta Press, 2007) menjadi inspirasi untuk mahasiswa untuk menyusun skripsi dan tesis. Buku terbarunya “Pengantin-pengantin Al Quds” (Pro-U Media), “Dalam Kasih Ibu (GPU), “Friend To The End” (UmaHaju Publisher) dan “Seribu Cinta Yang Mengalir” (UmaHaju Publisher)

Saat ini, selain menulis lagu-lagu nasyid. Lagu-lagu ciptaannya terdapat dalam album soundtrack Lingi, Album Al-Ikhwan “Renungan (Nasyid dan Puisi) dan soundtrack drama radio Wadu Ntanda Rahi, juga telah membuat 3 film indie, Lingi (2005, kerja sama FLP NTB dengan Foscoom Multimedia), Seperti Penyair (2006, Kerjasama FLP NTB dengan Yayasan Taawun), Surat Cinta Berwarna Merah (Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Depdiknas Pusat, 2007), 45 Hari di Aceh (2008) dan Biarkan Sepi Menari (2010). Lakon dramanya Wadu Ntada Rahi awal 2008, disandiwara radiokan di RRI Mataram. Beberapa film indienya juga mulai dilirik beberapa Tv local untuk ditayangkan.

Kini, selain beraktifitas sebagai Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah NTB, Pengurus Masjid Al-Amin, Pj. Dakwah Remaja Masjid Al - Amin, Pemred Majalah Cahaya (FLP NTB & Remas Al-Amin), juga adalah Pengurus BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kecamatan Bolo, bergabung dengan sanggar Pasapu Monca pada divisi sastra dan Theater, penyiar Q-Rana RBC FM, lead vokal Tim Nasyid Al – Ikhwan, Pimpinan Sanggar SMAN 1 Madapangga, Pembina Olimpiade Komputer dan juga menjadi pekerja buku; merancang sampul, editor, juga menjadi direktur di penerbitannya UmaHaju Publisher

Saat ini tinggal di Bima dengan alamat E-Mail: akhi_dirman2006@yahoo.co.id, dia juga bisa dikunjungi di blognya www.akhidirman.multiply.com.

Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Silahkan Budayakan Berkomentar Setelah Membaca Artikel Dengan Baik dan Sopan.

Ttd : Berry Hardisakha

 
© Copyright 2010-2011 Tulis Baca All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | and Theme4all | Support Tutorial Blog-Software Akuntansi.