News Update :

Kiat Ampuh Menjadi Seorang Penulis

Tuesday, February 21, 20121 comments

Baik berikut ini adalah beberapa kiat untuk menjadi seorang penulis yang ampuh dan jitu :

Isi Tulisan

Tulisan menarik harus berisi informasi terbaru yang sebelumnya tak diketahui pembaca. Bi­sa berupa pemaparan peristiwa. Misalnya ledakan bom, kecelakaan yang merengut banyak korban, peng­­unduran diri pejabat, hasil pertandingan olah raga, dan sebagainya.

Bisa juga hasil-hasil penelitian dan investigasi. Misalnya penemuan vaksin AIDS, hasil po­ling calon presiden, kesalahan teori relativitas Einstein, penyelidikan korupsi di Departemen Aga­ma, dan sebagainya.

Namun adakalanya unsur kekinian sebuah tulisan menjadi sulit didapat karena me­dia tele­visi sudah banyak menayangkan program breaking news. Hampir setiap jam ada sa­ja stasiun tele­vi­si yang memberi informasi tentang peristiwa terbaru. Bahkan untuk peristiwa yang sa­ngat penting, mereka menayangkannya secara live.

Demikian juga dengan radio dan media dot.com. Mereka bisa menampilkan berbagai peris­ti­wa hanya dalam hitungan detik. Ini jelas mengalah-kan media cetak dalam hal kekinian.

Untuk menyiasati ''kekalahan'' ini media cetak banyak yang mengubah isinya. Bukan lagi me­nonjolkan unsur kekinian, tetapi kedalaman cerita. Mereka menguraikan sebuah kejadian dari be­ragam sudut pandang dengan judul yang berbeda-beda . Kaya akan suasana dan cermat da­lam mengamati detil peristiwa.

Tujuannya untuk menggugah emosi pembaca: memberi empati kepada pihak yang ''ter­za­li­mi'', memberi aplaus kepada mereka yang berprestasi, atau mengutuk pihak yang berlaku tidak adil.


Cara Penyajian

Tulisan yang indah harus disajikan secara terfokus. Jangan sampai melebar ke samping, na­mun harus dalam ke bawah.

Bagaimana agar tulisan bisa fokus? Pilihlah satu angle (sudut pandang) untuk satu cerita (ju­dul)! Lalu pegang teguh angle tersebut. Hapus bagian-bagian yang tidak berhubungan langsung de­ngannya.

Kemudian, tulisan yang indah harus beralur. Mulailah dengan menulis judul. Sebisa mung­kin judul berita dibuat dengan kalimat pendek, tapi menggambarkan isi berita secara keseluruhan. Pemberian judul ini menjadi penentu apakah pembaca akan tertarik membaca berita yang ditulis atau tidak.

Setelah itu lanjutkan dengan menulis lead, yaitu bagian terpenting dari apa yang ingin kita ce­ri­takan. Lead bisa menjadi penentu apakah pembaca akan melanjutkan bacaannya atau tidak. Ja­ngan lupa, lead harus mengandung unsur 5W+1H: apa/what, di mana/where, kapan/when, me­nga­pa/why, siapa/who dan bagaimana/how.

Pembaca yang sibuk, tentu tidak akan lama-lama membaca berita. Pembaca akan segera ta­hu apa yang ditulis wartawan hanya dengan membaca lead. Tentu saja, jika pembaca masih tertarik de­ngan berita itu, ia akan melanjutkan bacaannya sampai akhir. Dan, tugas wartawan terus me­man­cing pembaca agar membaca berita sampai tuntas.

Selanjutnya, jika kita menganut pola piramida terbalik, susunlah alur cerita berdasarkan pen­ting tidaknya informasi. Bagian yang penting diletakkan di depan, semakin ke belakang se­ma­kin tidak penting. Biasanya, pola seperti ini ada pada berita ''keras'' (spot news).

Namun, jika kita menganut pola berimbang, setelah lead, biarkan cerita mengalir dengan sen­dirinya tanpa harus dibatasi mana yang penting dan mana yang tidak. Mungkin alur cerita me­ngi­kuti alur waktu, tahapan kejadian, dsb. Biasanya, pola seperti ini terdapat pada feature.

Selain itu, tulisan yang menarik harus tersaji secara lengkap. Artinya, semua informasi yang di­inginkan pembaca terpenuhi. Misal, soal tempat, adakalanya kita menganggap semua pembaca tahu persis di mana lokasi yang sedang kita ceritakan. Padahal tidak!

Stasiun Gambir, contohnya, bagi masyarakat luar Jakarta tak terlalu mengerti di mana po­si­si­nya. Jika kita lengkapi informasi dengan kalimat, ''Tak jauh dari Masjid Istiqlal dan Monas,'' mung­kin pembaca bisa membayangkan letaknya, paling tidak bagi pembaca yang pernah singgah di dua tempat tersebut.

Demikian juga dengan identitas sumber berita. Adakalanya kita hanya menulis nama dan ja­ba­­tannya saja. Ini kurang lengkap. Alangkah baiknya jika disertakan juga pendidikan akademiknya, ciri-ciri fisiknya, kegemarannya, dan sebagainya.

Namun, hindarkan kesan bertele-tele dalam menceritakan identitas atau lokasi kejadian. Ingat, kita tidak sedang memberitakan si narasumber.

Agar tidak bertele-tele, identitas ini dipakai sebagai pengganti bila kita terpaksa menyebut na­ma sumber berulang-ulang.

Kemudian, hilangkan penggunaan kata-kata klise. Jika sumber memberikan keterangan de­ngan kalimat-kalimat klise, terjemahkanlah kalimat tersebut dalam bahasa yang sederhana. Jangan sampai menulis kalimat seperti sebuah jargon. Misal, ''Korupsi akan menghancurkan negara.'' Siapa yang mau peduli dengan jargon ini?

Jangan menganggap pembaca sudah tahu latar belakang peristiwa yang kita ceritakan. Da­lam menulis berita kita harus menganggap pembaca belum tahu, meskipun peristiwanya terus berlanjut dan sudah berlangsung lama.

Namun, jangan terkesan menyepelekan pembaca dengan berlama-lama menceritakan latar belakang peristiwa. Pembaca akan merasa ''digurui''

Agar cerita latar belakang ini bisa tersaji secara benar, camkanlah satu hal: tulisan tak boleh mem­bingungkan orang yang belum tahu dan tak boleh juga membosankan orang yang sudah tahu.

Bagian-bagian cerita yang terlalu umum, rumit, pelik, njelimet, sajikan secara sederhana dan mudah di­cer­na. Caranya, gunakan seseorang untuk mewakili kelompoknya, atau buatlah kiasan untuk membandingkan cerita yang sebenarnya. Misal, kisah tragis seorang korban banjir mungkin lebih menarik dibanding cerita banjir itu sendiri. Begitu juga keluhan memburuknya kesehatan se­orang warga yang tinggal di kali Ciliwung, Jakarta, lebih mudah dimengerti ketimbang zat-zat ber­ba­­haya yang ada di sungai itu.

Jangan lupa menyertakan kutipan langsung dalam setiap tulisan. Sebab, kutipan langsung akan membuat tulisan menjadi lebih manusiawi. Kutipan langsung akan membantu memberi gam­bar­an tentang karakter si penutur atau suasana di sekitarnya. Namun, jangan terlalu banyak mem­buat kutipan langsung. Jangan *** terlalu panjang.

Kutipan yang benar adalah kutipan yang persis seperti apa yang dituturkan oleh sumber. Jika sumber mengatakan “harganya 100 perak,’’ tak boleh kita tulis ‘’harganya Rp 100.’’ Persoalannya, tak semua sumber bisa berbicara secara terpola. Bahasa lisan sangat berbeda dengan ba­hasa tulisan.

Karena itu, untuk membuat kutipan langsung tetap menarik, selain jangan terlalu panjang, kita pun harus memilih ucapan sumber yang bagus untuk dikutipan secara langsung. Selebihnya, jelas­kan dalam bentuk kutipan tak langsung.

Cara Penulisan

Tulisan yang baik setidaknya memiliki tiga ciri. Pertama, mudah dimengerti. Kedua, ber­sa­ha­­bat. Dan ketiga, akurat.

Tulisan yang mudah dimengerti biasanya jelas mana subjek, predikat, dan objeknya, tidak men­ggunakan kalimat-kalimat yang beranak-bercucu, dan sebisa mungkin menggunakan kalimat ak­tif agar daya dorongnya lebih kuat.

Mengapa harus menggunakan kalimat aktif: Perhatikan beberapa contoh berikut:

Kalimat 1: Suami istri ditabrak truk (pasif).

Kalimat 2: Truk tronton tabrak suami isteri (aktif).

Kalimat kedua (aktif) lebih menarik dibanding kalimat pertama. Sebab penekanan kalimat ada pada truk tronton yang "besar", sementara suami isteri hanyalah objek yang "kecil". Namun ada kalanya kita harus menggunakan kalimat pasif jika penekanannya ada pada objek.

Perhatikan contoh berikut:

Kalimat 1: Truk menabrak Menteri Perhubungan (aktif).

Kalimat 2: Menteri Perbuhungan ditabrak truk (pasif).

Selain itu berhematlah dalam membuat kalimat atau kata agar tidak terkesan bertele-tele.

Penghematan kata, misalnya:

''Agar supaya,'' sebaiknya ditulis ''agar,'' atau ''supaya.''

''Kemudian,'' sebaiknya ditulis ''lalu.''

''Akan tetapi,'' sebaiknya ditulis ''tapi.''

''Tidak,'' sebaiknya ditulis ''tak.''

Adakalanya penghematan kata tak perlu dilakukan, terutama jika kita sudah terlalu sering menggunakan kata tersebut. Misal, untuk kata ''tak'' sekali-kali diganti dengan ''tidak.'' Tujuannya agar tulisan menjadi lebih berwarna.

Penghematan kalimat, misalnya:

''Adalah merupakan kenyataan,'' sebaiknya ditulis ''Merupakan kenyataan.''

''Apa yang dinyatakan Badu sudah jelas,'' sebaiknya ditulis ''Yang dinyatakan Badu sudah jelas.''

''Menjadi Muslim, buat masyarakat Rwanda, bukanlah sebuah proses yang mudah,'' sebaiknya ditu­lis ''Menjadi Muslim, buat masyarakat Rwanda, tak mudah.''

''Kita lihat apakah dia ada di rumah atau tidak,'' sebaiknya ditulis ''Kita lihat dia di rumah atau tidak.''

''Kera adalah binatang pemamah biak,'' sebaiknya ditulis ''Kera binatang pemamah biak.

''Presiden besok akan meninjau pabrik,'' sebaiknya ditulis ''Presiden besok meninjau pabrik.''

''Tanggul Kali Citanduy mengalami kebobolan,'' sebaiknya ditulis ''Tanggul Kali Citanduy bobol.''

''Menderita kerugian,'' sebaiknya ditulis ''rugi.''

''Rumah di mana saya tinggal,'' sebaiknya ditulis ''Rumah yang saya tinggali.''

Selanjutnya, tulisan yang bersahabat biasanya tidak mengandung kalimat dan alinea yang pan­jang. Satu kalimat sebaiknya terdiri atas 10 sampai 20 kata. Sedang satu alinea cukup berisi 2-3 ka­limat. Ingat apa yang dikatakan Ernest Hemingway, peraih Pulitzer tahun 1950-an untuk karya monumental The Old Man and The Sea? Katanya, ''less is more!''

Untuk menguji apakah kalimat yang kita buat terlalu panjang atau tidak, cobalah tarik nafas se­cara wajar lalu bacalah kalimat tersebut. Jika nafas Anda sudah habis sementara kalimatnya be­lum tuntas dibaca, itu tandanya kalimat yang Anda buat terlalu panjang.

Selain itu, hindari pengulangan kata dalam satu kalimat, hindari pemakaian kata-kata asing (ilmiah), dan konsistenlah dalam menulis.

Perhatikan contoh tulisan salah seorang dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yang dimuat pada Suara Pembaruan edisi 2003:

''.... Bisa jadi dua-duanya benar. Baik dalam sistem pasar maupun sistem sosial di desa pesisir umum­nya nelayan diposisikan dependen. Ia mesti rela sebagai price taker dalam struktur pasar output yang oligopsonis, juga terperangkap dalam struktur sosial berciri patron-klien yang seringkali asimetris itu. Pada tingkat komunitas, struktur pasar yang monopsonistik maupun oligopsonistik selama ini tercipta karena kegiatan perikanan penuh dengan ketidakpastian, dan para toke yang ada di desa nelayan umumnya mampu menjamin kepastian itu.''

Tulisan ini sangat njelimet, terlalu banyak kata-kata asing. Bagi kelompok orang-orang ter­tentu tulisan ini bisa dimengerti. Tapi, bagi orang kebanyakan, tulisan ini sama sekali tak menarik.

Hindari  pemakaian kata sifat, sebab kata sifat cenderung menggurui pembaca. Pakailah ka­ta kerja. Misalnya, kalimat ''tangisnya memilukan hati,'' tak menggugah emosi pembaca. Seha­rus­nya kata ''memilukan'' diganti dengan penggambaran suasana. Misal, suaranya melengking, air matanya mengucur, mukanya memerah, rambutnya acak-acakan, dan lain-lain. Ingat, don't tell, but show!

Perihal ejaan, sebaiknya kita gunakanlah EYD (Ejaan yang Disempurnakan).

Misalnya:

''Syah,'' seharusnya ''sah.''

''Khawatir,'' seharusnya ''kuatir.''

''Akhli,'' seharusnya ''ahli.''

''Tammat,'' seharusnya ''tamat.''

Namun, jika Anda bingung membuat ejaan yang benar untuk satu kata, cobalah Anda me­mi­lih salah satu yang Anda anggap paling benar dan umum. Kemudian konsistenlah menulis kata ter­sebut! Artinya, jangan sampai di awal cerita kita menulis ''praktek,'' lalu di tengah cerita kita me­nulis ''praktik.'' Ini tidak konsisten.

Keakuratan juga menjadi keharusan sebuah tulisan yang baik. Nama orang, jumlah bilang­an, waktu, tidak boleh salah. Lebih baik Anda periksa kembali jika ragu dari pada Anda tahu data-data salah setelah tulisan sudah dipublikasikan. Sebab, ketidakakuratan akan menurunkan keper­ca­ya­an pembaca. Jika kepercayaan sudah turun, keindahan jelas akan pudar dengan sendirinya.

Namun, adakalanya pembaca tak memerlukan detil angka-angka. Misal, kasus korupsi me­ru­gikan negara sebesar Rp. 914.731.777, lebih baik ditulis ''lebih dari Rp. 914 juta'' atau ''lebih dari Rp. 900 juta.''

Walaupun saya bukan seorang penulis yang handal tapi saya ingin mencoba untuk berbagi tulisan yang saya ketahui dan dapatkan dari berbagai sumber, semoga ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Referensi : http://wss-id.org

Artikel Lainnya:

1 comment:

efche wardana said...

mantep infonya.., langsung ke TKP >> goalgadget.blogspot.com

Post a Comment

Silahkan Budayakan Berkomentar Setelah Membaca Artikel Dengan Baik dan Sopan.

Ttd : Berry Hardisakha

 
© Copyright 2010-2011 Tulis Baca All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | and Theme4all | Support Tutorial Blog-Software Akuntansi.