News Update :

Apa Manfaat Dari Membaca ?

Monday, February 20, 20120 comments

Apa Manfaat Dari Membaca ? wah ini adalah pertanyaan yang jelas bisa dijawab , kenapa ? karena sangat jelas membaca itu banyak sekali manfaatnya . salah satu dari manfaat membaca adalah dapat menambah ilmu,wawasan dan pengalaman kita dimana dari kita tidak tahu bisa menjadi tahu. ini secara garis besarnya , berikut manfaat dari membaca secara terperinci :


Pertama. Membaca adalah proses mental yang aktif: Tidak seperti duduk di depan televisi, membaca membuat Anda menggunakan otak Anda. Membaca merupakan salah satu proses berpikir. Dalam proses ini Anda akan memanfaatkan sel-sel otak anda untuk melakukan “pencernaan” terhadap tulisan yang anda baca. Proses pencernaan ini akan melibatkan berbagai hal seperti, mata, mulut, dan sebagainya. Demikian pula dengan hati anda. Pada saat anda membaca, maka sel-sel otak anda akan meneruskan bacaan tersebut ke hati anda, dan terpengaruh sehingga timbul rasa benci, marah, kecewa, senang, bahagia, dan sebagainya.

Kedua. Membaca meningkatkan kosakata Anda: melalui tulisan pada buku yang kita baca, begitu banyak terkumpul kosa kata. Kosa kata tersebut terdiri dari berbagai bahasa, istilah dan sebagainya. Bagi orang yang rajin membaca, akan memiliki kosa kata yang sangat banyak. Begitu pula sebaliknya. Bila kita berbicara dengan orang yang banyak membaca maka kita akan mendapatkan hal-hal baru. Kosa kata merupakan perbendaharaan kata yang kita miliki. Istilah dalam bahasa selalu berkembang setiap saat. Ada istilah yang mudah untuk dimengerti, dan ada pula sangat sulit dimengerti. Membaca merupakan pintu utama untuk memahami kosa kata tersebut.

Ketiga. Memberikan Anda pengetahuan tentang budaya dan tempat-tempat lain di dunia: Bagaimana Anda tahu tentang kehidupan orang di Arab jika Anda tidak membaca tentang hal itu? Membaca memberikan wawasan tentang keragaman etnis orang, kebiasaan mereka, gaya hidup dan lain-lain. kita menjadi lebih tahu dan lebih kenal tentang tempat yang berbeda dan kode etik di tempat-tempat tersebut.

Keempat. Meningkatkan konsentrasi dan fokus: Hal ini mengharuskan Anda untuk berfokus pada apa yang Anda baca untuk waktu yang lama. Tidak seperti majalah, atau posting Internet serta e-Mail yang mungkin mengandung potongan-potongan kecil informasi, buku menceritakan seluruh cerita. Karena Anda harus berkonsentrasi untuk membaca, otot, Anda akan menjadi lebih baik pada anda berkonsentrasi.

Kelima. Membangun harga diri: Semakin banyak Anda membaca, semakin luas pengetahuan Anda. Dengan pengetahuan lebih banyak, akan mendatangkan rasa percaya diri. Karena Anda begitu banyak membaca, orang mencari jawaban kepada Anda. perasaan Anda tentang diri Anda akan menjadi lebih baik.

Keenam. Meningkatkan memori: Banyak penelitian menunjukkan jika Anda tidak menggunakan memori Anda, Anda kehilangan kemampuan memori. Membaca, meskipun bukan permainan, membantu Anda meregangkan otot-otot memori Anda dengan cara yang sama. Membaca membutuhkan kemampuan memori untuk mengingat rincian, fakta dan angka-angka, serta dalam suatu cerita, kita akan mengingat garis plot, tema dan karakter.

Ketujuh. Meningkatkan disiplin Anda: Menetapkan waktu untuk membaca adalah sesuatu yang kita semua tahu harus kita lakukan. Kita harus menetapkan jadwal atau waktu untuk membaca buku setiap hari. Hal ini sangat sedikit dilakukan. Itu sebabnya, menambahkan buku bacaan ke jadwal harian Anda dan berpegang teguh pada jadwal itu, merupakan upaya untuk meningkatkan disiplin diri.

Kedelapan. Meningkatkan kreativitas: Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dan membuka diri Anda untuk informasi dan ide-ide baru, sangat membantu untuk mengembangkan sisi kreatif dari otak, baik otak kiri maupun otak kanan. Melalui bacaan lah kita memperoleh ide dalam rangka mengembangkan kemampuan inetelektualitas dan ketrampilan kita. Mustahil kita mendapatkan informasi dan ide baru tanpa melalui proses membaca.

Kesembilan. Anda selalu memiliki sesuatu untuk dibicarakan: Apakah Anda pernah menemukan diri Anda sendiri dalam situasi yang memalukan di mana Anda tidak punya sesuatu untuk dibicarakan? Apakah Anda ingin obat untuk ini? Sangat sederhana. Mulailah membaca. Membaca memperluas cakrawala informasi Anda. Anda akan selalu punya sesuatu untuk dibicarakan. Anda dapat mendiskusikan berbagai plot novel-novel yang Anda baca, Anda dapat mendiskusikan hal-hal yang Anda pelajari dalam buku-buku bisnis yang Anda baca. Kemungkinan berbagi pengetahuan menjadi tak ada habis-habisnya.

Bagaimana ? luar biasakan manfaat dari membaca, makanya mulai dari sekarang yuk kita membaca !

Referensi :  icai.blogdetik.com

Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Silahkan Budayakan Berkomentar Setelah Membaca Artikel Dengan Baik dan Sopan.

Ttd : Berry Hardisakha

 
© Copyright 2010-2011 Tulis Baca All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | and Theme4all | Support Tutorial Blog-Software Akuntansi.